Minggu, 11 Desember 2011

Eye OS, Si Komputer Awan

eyeOS adalah sebuah sistem operasi desktop open source yang berbasis web, dimana Anda dapat mengakses sistem operasi tersebut melalui jaringan seperti LAN atau Internet dari web browser seperti Firefox, Chrome dan lain sebagainya. Meskipun orientasi penyebarannya melaui web, dalam banyak hal, eyeOS merupakan sistem operasi desktop yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Berbagai aplikasi seperti kalender, RSS Reader, email client, word processor, spreadsheet, manajer kontak sudah menjadi aplikasi default yang terpasang dalam sistemnya. Ini adalah sistem dengan konsep  cloud computing yang bertujuan untuk memungkinkan kolaborasi dan komunikasi di antara pengguna, atau bisa juga sebagai perlindungan pribadi Anda ketika Anda terjebak menggunakan komputer orang lain.

Kebanyakan orang pasti akan bertanya-tanya tentang kinerja dari eyeOS tersebut. Saat penulis mencoba menjalankan sebuah aplikasi di eyeOS, kecepatan eksekusi agak sedikit lambat dibandingkan dengan sistem operasi desktop yang yang dijalankan lewat media storage, ini adalah hal biasa dikarenakan antarmuka eyeOS berbasis browser. Namun, meskipun ada beberapa kompromi, penulis tinggalkan dengan kesan bahwa eyeOS jauh dari sekedar bukti demonstrasi konsep, ini adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk pekerjaan yang serius. Secara garis besar eyeOS merupakan terobosan hebat dalam dunia sistem operasi dekstop, karena memberi warna yang unik dengan menghadirkan konsep cloud computing.

Untuk menginstalasikan eyeOS, pertama Anda perlu menyiapkan lingkungan web server yang terdiri dari Apache, PHP dan beberapa elemen lainnya.

Panduan instalasi eyeOS dapat di download pada link dibawah ini:

DOWNLOAD

Sumber :  http://avancalinux.blogspot.com/2010/10/eyeos-sistem-operasi-open-source.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Updates Via E-Mail

Labels

Backtrack (4) Chromium (1) Desktop (2) Distro (5) EyeOS (2) Hostname (1) Linux (11) Recovery (1) Sabily (1) TealinuxOS (1) Terminal (1) Testdisk (1) Tutorial (6) Virtualbox (1) vlc (1)