Minggu, 11 Desember 2011

Menjalankan EyeOS di Opensuse

Eye OS adalah salah satu OS yang dapat dijalankan pada web browser. Dengan menggunakan eyeOS kita dapat memanejemen file, memainkan file multimedia, bermain games, bekerja dengan word documents, dan sebagainya dengan hanya menggunakan web browser dan tersedianya acces internet kapan dan di mana saja. Berikut ini langkah dalam menginstall EyeOS dengan menggunakan distro Opensuse10.3.
  • Pastikan paket-paket Apache , Mysql, dan Php sudah ter-install dengan baik. Jika tidak anda bisa meng-installnya melalui Yast—Software Management dan tinggal mencari paket2 yang diperlukan.
-Paket apache:apache2, apache2-example-pages, apache2-mod_php5.
-Paket Mysql:mysql, libmysqlclient15, mysql-client, php5-mysql
-Paket Php:php5, php5-zlib.
  • Pastikan juga apache telah anda install berjalan dengan baik. Untuk mengujinya anda dapat mengetikkan http://localhost dan akan muncul tulisan “It Work”, jika tidak berarti ada paket yang belum terinstall atau service apache dan mysql anda belum berjalan, Aktifkan servicenya dengan membuka Yast—System–System Services (Runlevel) pilih tab Expert Mode dan jalankan apache2 dan mysql dengan men-startkannya dan tekan tombol finish.
  • Setelah semuanya ter-install kemudian anda dapat menginstall EyeOS yang dapat di-download di situs http://eyeos.org. Pada tutorial kali ini saya menggunakan eyeOS versi 1.5.0.4
  • Ekstrak paket tarball EyeOS ke DokumentRoot Apache anda, dalam tutorial ini terletak pada /srv/www/htdocs.
  • Masuk ke direktori /srv/www/htdocs dan set permission semua direktori yang terdapat pada folder eyeOS menjadi 755,dan semua file menjadi 644.
syam@sys:~> su
Password:
sys:/home/syam # cd /srv/www/htdocs/
sys:/srv/www/htdocs # find eyeOS/ -type d -exec chmod 755 {} \;
sys:/srv/www/htdocs # find eyeOS/ -type f -exec chmod 644 {} \;
  • Setelah itu jalankan eyeOS di web browser favorit anda dengan perintah; http://localhost/eyeOS/install.php. Jika terdapat problem yang berhubungan dengan permissionnya anda dapat menset permision yang diminta.
sys:/srv/www/htdocs # cd eyeOS/
sys:/srv/www/htdocs/eyeOS # chmod 777 install.php
sys:/srv/www/htdocs/eyeOS # chmod 777 eyeOS1504.eyepackage
sys:/srv/www/htdocs/eyeOS # chmod 777 ./
sys:/srv/www/htdocs/eyeOS # chmod 777 index.php
  • Selanjutnya refresh browser, maka akan muncul konfirmasi root password dan hostname. Isi sesuai dengan kondisi sistem anda, dan biarkan kosong pada parameter Allow user to create accounts. Klik tombol Install eyeOS, maka akan muncul form login username dan password, masukkan root sebagai username dan password sesuai dengan yang anda buat sebelumnya.
  • Sekarang anda dapat menikmati sebuah sistem operasi yang dijalankan melalui web browser.
Gambar1: Tampilan Login EyeOS
Gambar2: Tampilan EyeOS dengan berbagai aplikasinya
sumber: Majalah Infolinux edisi 03/2008

0 komentar:

Poskan Komentar

Updates Via E-Mail

Labels

Backtrack (4) Chromium (1) Desktop (2) Distro (5) EyeOS (2) Hostname (1) Linux (11) Recovery (1) Sabily (1) TealinuxOS (1) Terminal (1) Testdisk (1) Tutorial (6) Virtualbox (1) vlc (1)